10 Tipe atau jenis pengambilan shot dalam videografi

8:55:00 AM
Mas Dennes - Dalam Fotografi atau Videografi, sangatlah dibutuhkan pengambilan angle yang tepat, angle yang tepat dapat berfungsi menyampaikan pesan atau keadaan suatu keadaan atau scene (sin).

jika tidak mengunakan angle atau tipe shot yang tidak sesuai, maka hasilnya hanya seperti dokumentasi saja alias biasa-biasa saja.

Dalam videografi, ada beberapa tehnik pengambilan shot dalam videografi, antara lain ;

1. Extreme Long Shot.

Merupakan shot yang digunakan untuk menunjukan lokasi kejadian namun tanpa memperlihatkan subjek dengan jelas. biasanya dalam pengambilan ini mengutamakan keadaan alam sekitar.

2. Long Shot.

Hampir sama dengan extram long shoot, tapi objek yang diperlihatkan agak jelas dan juga menunjukkan hubungan atara subject dengan lingkungan sekitarnya.

3. Full Shot.

Tipe shot yang bertujuan untuk memperkenalkan subjek dan apa yang sedang dilakukannya dan lingkungannya.

4. Knee Shot.

Tipe shot pengambilan gambar yang agak nanggung ini digunakan untuk menunjukkan apa yang sedang dilakukan subjek dari bagian lutut ke-atas.

5. Medium atau Waist shot.

Untuk menunjukan apa yang sedang dilakukan subjek dri pinggang keatas, namun dengan lebih menunjukan expresi subjek, biasanya digunakan untuk interview.

6. Medium Close up (MCU).

pada shoot ini, subjek lebih ditunjukkan emosinya, namun dengan tetap menunjukan gerak geriknya.


7. Close Up.

Pengambilan gambar ini diambil dari bagian bawah dagu, ke-atas, ini digunakan untuk menekankan ekspresi subjek namun tetap memberikan ruang diatas ruang kepala (Head room).

8. Big close up (BCU).

Pada pengambilan ini, expresi subjek lebih benar benar di ekspos dalam hal ini, headroom bisa diabaikan, asalkan bagian dagunya tidak terpotong.

9. Extreme close up.

Pada pengambilan ini digunakan untuk mendramatisir ekspresi subjek hanya pada bagian  yang sangat spesifik seperti pada mulut saja atau pada bagian mata saja.

10. Over the shoulder

Biasanya digunakan pada saat kedua subjek berdialog dengan catatan point view diambil dibelakang  bahu lawan bicara, dan juga menampilkan pembicara dalam bentuk seolah-olah blur (bokeh).

Nahh, sekarang sudah tahu kan jenis pengambilan shot dalam videografi, kalian juga dapat mengkombinasikannya dengan foto, dengan mengikuti pengambilan shot ini kalian dapat lebih mudah mencari angle yang tepat untuk membuat video.

Baca Juga

Share this

Berkomentarlah dengan wajar dan jangan membuat spam disini, jika anda menyukai postingan disini, anda dapat share atau comment di tempat yang sudah sediakan.

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
October 31, 2016 at 9:54 AM delete

Wahh mantep nih artikel nya gan kualitas gambar nya juga gak nanggung nanggung kerenya.... ane juga dapet pengetahuan nice post gan

Reply
avatar
March 21, 2017 at 6:00 AM delete

informasi nya gak nanggung2 alias lengkap banget ada gambarnya.. nice info

Reply
avatar
March 26, 2017 at 7:25 PM delete

wah mantep nih tambah ilmu baru.. sering liat di youtube tapi gk ngerti artinya..
visit back..

Reply
avatar
April 25, 2017 at 2:30 AM delete

hmnn rupanya banyak juga ya tipe shoot video dibandingkan foto, jadi lebih makin kece nih youtubeku kalau pake trik shoot seperti ini.

Reply
avatar
August 7, 2017 at 8:51 PM delete

MAKASIH KAWAN ATAS BANTUANNYA
dengan ini saya bisa mudah mengerjakannya

Reply
avatar