Memahami Shutter Speed, ISO, dan Diafragma dalam fotografi

6:34:00 AM
Mas Dennes - Seiring perkembangan teknologi digital, kamera digital sangatlah dibutuhkan untuk mengabadikan sebuah moment dengan resolusi yang tinggi, namun untuk dasarnya kalian harus memahami terlebih apa itu Shutter Speed, ISO, dan Diafragma dalam fotografi.

Kebanyakan kamera DSLR sekarang semakin mahal dikarenakan fitur "Auto" yang otomatis mengatur shutter speed, ISO, dan Diafragma seakurat mungkin.

Namun sangat disarankan untuk menggunakan Mode Manual karena anda dapat mengatur sendiri komposisi cahaya yang anda inginkan.

Shutter Speed

Shutter Speed (Kecepatan Rana) yang berfungsi mempengaruhi pencahayaan dalam fotografi, untuk mempelajarinya anda dapat menggunakan logika.

Logikanya, Semakin Tinggi Shutter speed diatur, kamera akan lebih sedikit merekam cahaya (foto) maka foto yang dihasilkan akan terlihat gelap namun kamu tidak perlu takut akan objek yang rusak akibat gerakan kamera.

Contoh kecilnya jika anda menggatur shutter speed menjadi tinggi, anda dapat mengambil objek awan dengan jelas karena kamera lebih sedikit merekam cahaya dari sensor.

namun sebaliknya, Jika Semakin Rendah Shutter Speed diatur, gambar yang dihasilkan akan semakin terang, namun suatu gerakan akan mempengaruhi sebuah foto, sangat disarankan menggunakan tripod untuk mengurangi getaran pada kamera.

ISO


ISO dalam fotografi merupakan tingkat sensitifitas sensor sebuah kamera terhadap cahaya, semakin besar ISO yang diatur dalam kamera, akan semakin sensitif cahaya terhadap kamera.

Namun jika kondisi cahaya sedang kurang, menggunakan ISO yang tinggi dapat membuat Noise Pada foto seperti bintik bintik yang tidak diinginkan.

Diafragma

Diafragma merupakan tingkat bukaan lensa  yang mempengaruhi ketajaman sebuah foto, semakin kecil Diafragma yang diatur, maka hasil yang dihasilkan akan tajam namun cahaya yang masuk akan lebih sedikit.

Sebaliknya, jika Diafragma yang diatur semakin besar, maka objek yang tidak difokuskan akan otomatis membuat efek blur yang membuat foto lebih dramatis.

Penutup

Foto diatas menggunakan mode manual, karena setiap setting dan selera setiap orang berbeda-beda, maka sesuaikan ketiga komposisi tersebut menjadi 1 agar mendapatkan foto yang maksimal.

Share this

Berkomentarlah dengan wajar dan jangan membuat spam disini, jika anda menyukai postingan disini, anda dapat share atau comment di tempat yang sudah sediakan.

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
October 10, 2016 at 6:39 AM delete

Asik jadi makin nge joss nih kalau lagi hunting |o|

Reply
avatar
October 10, 2016 at 7:35 AM delete

Pengaturan shutter ny befungdi untuk video jg nggk min?

Reply
avatar
October 13, 2016 at 5:06 AM delete

Ooo..., ternyata ISO adalah itu toh. Saya sering gunain sob, kalau malem biar kelihatan lebih terang. Tapi efeknya ada bintik bintik banyak kayak semut

Reply
avatar
October 13, 2016 at 5:12 AM delete

mantap gan, ane juga hobby fotografer, sangat bermanfaat untuk belajar fotografi :)

Reply
avatar
October 13, 2016 at 6:35 AM delete

wah bermamfaat sekali mas inya, baru tau ..>!

Reply
avatar
October 13, 2016 at 6:38 AM delete

Pembahasannya lumayan jelas Gan! Jadi tahu nih fungsi shutter speed selain ISO. Saya dulu tahunya iso doang hehehe.. makasih pembahasannya

Reply
avatar