Tehnik seo off-page yang berbahaya

2:59:00 AM
Mas Dennes - didalam dunia optimisasi situs, ada yang namanya SEO-off page dan on-page.

Mekanisme Seo Off-page selalu mengalami update atau perubahan dikarenakan seiring berjalannya waktu dan pembharuan algoritma google.

namun masih saja para blogger tetap melakukan SEO Off-page yang salah yang berujung sesat bagi dirinya bahkan situsnya sendiri.

PRINSIP SEO ERA BARU


Sebelum algoritma google diperketat, para pengelolah situs selalu mengoptimisasi situsnya agar ramah dengan mesin pencharian (SEO FRIENDLY)

Secara garis besar, website yang humman friendly (ramah pengguna) sudah pasti SEO di era ini, namun website yang mementingkan SEO dibandingkan kepuasan pengguna/pembaca belum tentu SEO.

Hal ini dikarenakan algoritma google mengutamakan kepuasan pengunjung sebagai tolak ukur kesuksesan SEO suatu situs. makanya itu situs kita harus mengoptimisasi situs kita agar humman friendly.

Off-Page SEO ?


SEO Off-page merupakan suatu optimisasi untuk mesin pencharian yang dilaksanakan dari luar situs kita. sebaliknya dengan SEO on-Page

off-Page seo ini tidak terlepas dengan kata backlink, ada dampak negatif dan positif dari backlink yang mungkin berguna untuk optimisasi blogmu. jika kamu belum mengetahuinya silahkan mampir ke artikel dibawah ini.
#Dampak negatif dan positif Backlink

Tehnik off-page SEO yang sudah mati / kadaluarsa

1# komentar yang mengandung backlink


Tehnik ini umumnya dilakukan dengan cara menyisipkan tautan atau link didalam komentar blog, padahal  jenis backlink didalam komentar seperti ini tidak mendapatkan dampak apapun.

Nyatanya banyak para blogger yang melakukan hal ini, bagaimanapun caranya google sudah mengantisipasinya dengan mengupdate mekanisme algoritmanya.

Walaupun kamu mendapatkan banyak traffic dari referral link yang kamu letakkan di komentar, sifatnya hanyalah sementara dan dikemudian hari situsmu akan dicap jelek oleh google.

2# Bertukar link (link exchange)


banyak blogger yang melakukan link exchange atau bertukar backlink, biasanya sih modusnya dengan cara mencari partner blog dan meletakkan tautannya dihalaman khusus untuk para partner.

Tentu bagi google sangatlah mudah membedakan backlink naturan dengan buatan, contohnya saja bertukar link (link exchange), dengan cara meletakkan halaman khusus untuk bertukar backlink, hal ini sangatlah mudah bagi google untuk mendeteksinya dan mencap link tersebut sebagai spam.

3# Menggunakan softwware backlink Masal


Memangnya ada software backlink masal ? TENTU ADA, sangatlah banyak sofware sejenis ini di internet, cara kerjanya yaitu meletakkan backlink sebanyak mungkin oleh bot dalam waktu sekejap, biasanya trik ini digunakan oleh para pecinta Black-Hat SEO.

Sama seperti narkoba, dampaknya sangatlah drastis dan mantab diawal, tapi lama-kelamaan akan hilang efeknya, google akan berusaha mematikan situsmu dengan cara melakukan penalty bahkan banned blogmu kalau masih tidak kapok menggunakan sofware seperti ini.

4# Spam tautan di Sosmed


Hal ini terbilang sangat licik dan dibilang resikonya sampai 90%, spam ini tidak terlepas dari facebook, banyak sekali script auto komentar, auto post di group group facebook, parahnya sampai masuk kedalam inbox teman-teman.

Facebook itu situs besar lho, sangatlah mudah mendeteksi spam seperti itu, walaupun kamu mendapatkan banyak pengunjung (clickbait) dari tautan yang kamu kirim, itu tetaplah tidak berguna (tidak organik).

5# Membeli backlink

Aku pernah ditawar untuk membeli backlink didalam situs yang memiliki traffic 2.000-3.000 pengunjung perharinya seharga 100.000 ribu rupiah, namun dengan membeli backlink tidak akan ada gunanya karena tidak akan ada orang yang meng-click tautanmu jika menurut mereka itu tidak penting (tidak berbau dengan konten).

Biasanya tehnik ini digunakan oleh pemilik situs toko online, dikarenakan kontennya yang sangat minim, cara yang sangat mudah untuk meningkatkan peringkat toko online adalah dengan cara membeli backlink.

aku tidak tau bagaimana caranya toko online yang minim artikel (bukan produk) dapat naik secara pesat ke halaman utama google, dengan menggunakan adword ? popup ? siapa yang tahu..

Penutup

Aku harap kalian menghindari setiap tehnik SEO off-page diatas karena tidak bermanfaat namun juga berbahaya untuk situsmu.

Share this

Berkomentarlah dengan wajar dan jangan membuat spam disini, jika anda menyukai postingan disini, anda dapat share atau comment di tempat yang sudah sediakan.

Related Posts

Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
April 14, 2017 at 3:13 AM delete

Menurut logartima google, tukar link itu berbahaya.... itu bener enggak gan tentang berita itu?

Reply
avatar
April 14, 2017 at 3:16 AM delete

Tentu berbahaya, karena pastinya bertukar link diletakkan dihalaman khusus dengan link link lainnya, google dapat mendeteksi itu dengan mudah.

Reply
avatar
April 14, 2017 at 3:19 AM delete

nah apakah Tehnik off-page SEO yang sudah mati / kadaluarsa itu berbahaya?

Reply
avatar
April 14, 2017 at 3:36 AM delete

saya setuju tuh kak! kepuasan pengguna jauh lebih penting dibandingkan SEO...
saya pernah juga baca di panduanim.. percuma suatu blog itu SEO tapi ga bersahabat sama pengguna..

Reply
avatar
April 14, 2017 at 3:42 AM delete

YG NOMOR 4 ANE BARU TAU TUH TERNYATA BISA BIKIN SPAM

Reply
avatar
April 14, 2017 at 3:51 AM delete

Semakin lama google semakin memperketat algoritmanya. Bagaimanapun SEOnya, tetap saja konten is king. Benarkah begitu pak?

Reply
avatar
April 18, 2017 at 8:38 AM delete

Wah wah bahaya juga apa lagi kalau kena banned Google :( jangan sampe kena banned deh takut hehe

Reply
avatar