Memilih lensa yang tepat untuk videografi dan fotografi

2:17:00 AM

Mas Dennes - Sangatlah banyak lensa-lensa yang beredar mulai dari lensa prime,tele,zoom,wide,fisheye, dan semacamnya. tapi tentunya setiap lensa memiliki peforma yang berbeda dan harganya yang bervariasi.

NOTE

Sebelum mengetahui jenis jenis lensa yang akan kita bahas, sebelumnya anda harus mengetahui dulu tipe MOUNT dari kamera anda, misalnya saya menggunakan Sony A6300, maka lensa yang saya gunakan adalah lensa E-Mount.

Namun perlu diketahui bahwa merek kamera yang ada di pasaran seperti Sony,Lumix,Panasonic,Samsung tentu memiliki adapther lensa sehingga jika kalian kesulitan mencari lensa dari kamera tersebut.

Anda masih bisa menggunakan Lensa Adapther contohnya karena saya menggunakan kamera mirrorless Sony A6300 dan lensa sony cenderung sulit ditemukan dan juga lebih mahal, saya dapat menggunakan lensa DSLR NIKON dengan menggunakan adapther lensa tanpa merusak hasil seperti menggunakan lensa asli nya sony.

Lensa kit / 18-55mm

Lensa kit atau lensa standart yang memiliki julukan "Lensa sejuta umat" merupakan lensa zoom dengan range yang cukup baik namun tidak mengecewakan. lensa ini biasanya didapatkan saat membeli 1 paket DSLR sehingga lensa ini,Lensa ini memiliki apeture minimal f/3.5 dan maksimal di posisi f/5.6. .

Selain murah, lensa ini biasanya digunakan untuk menggambil medium shot,knee shot dan semacamnya, dan juga lensa ini juga dapat anda gunakan untuk mengejar momen tanpa harus bolak-balik mengganti lensa.

Menurut saya sih lensa ini termasuk lensa yang cukup mudah digunakan karena dapat mengatur focal lenght nya mau wide (18) atau zoom (55), walaupun engga terlalu wide tapi tidak mengecewakan.
Perlu diketahui jika menggunakan focal lenght yang lebar, tentunya akan membuat distorsi atau lengkungan objek yang ada pada fotomu. berikut Contoh hasil dari lensa 18-55mm dengan tehnik bulb (low light) itu seperti ini.

BACA JUGA
16 alat bantu fotografi dan pencahayaannya
 

Lensa Prime 50mm

Lensa prime 50mm atau biasanya dibilang lensa tanpa zoom yaitu Fixed merupakan lensa yang memiliki bukaan aperture maksimal hingga f1.4 atau f1.8.

Dimana memungkinkan anda dapat mengambil foto / video dalam keadaan kurang cahaya dimana lensa seperti 18-55mm tidak dapat mendapatkan hasil sebagus 50mm disaat keadaan kurang cahaya.

Karena lensa ini memiliki aperture f/1.8. hingga f/1.4. dengan lensa ini anda dapat menghasilkan foto bokeh yang cukup baik

Bokeh adalah tehnik fotografi / videografi dimana membuat satu titik terlihat jelas dan tajam dan objek disekitarnya tampak blur.
 Umumnya lensa ini digunakan untuk menggambil close-up karena foto yang dihasilkan cenderung lebih tajam dibandingkan lensa 18-55mm.

Lensa Wide

Lensa ini merupakan lensa yang dapat mencakup range yang lebar sehingga lensa ini dikatakan Lensa Wide. Tentunya dengan lensa ini, kita dapat area yang luas dalam satu bidang foto.

Tentunya lensa ini memiliki kelemahan yaitu Distorsi, dimana semakin lebar fokal lenght diputar, semakin besar juga lengkungan yang terjadi dalam bidang fotomu.

Adapun lensa lensa yang beredar di pasaran seperti
  • Tokina 11-16mm f/2.8 DX
  • Sigma 10-20mm f/3.5 EX DC HSM
  • Canon EF-S 10-22mm f/3.5-4.5 USM
  • Nikon AF-S 10-24mm f/3.5-4.5 DX
Dalam fotogarfi / videografi, lensa ini digunakan untuk memberitahu keadaan disekitar subjek dengan jelas, namun lensa ini cenderung memiliki harga yang mahal sekitar 8 jutaan hingga 20 juta.

Lensa Tele

Lensa tele merupakan lensa yang memiliki fokal lenght yang panjang yang memungkinkan anda dapat mengambil objek yang lebih dari 20 metter yang masih mendapatkan hasil yang cukup tajam.

Lensa tele ini memiliki kelebihan seperti
  1. Dapat menghasilkan efek bokeh yang luar biasa karena memiliki fokal lenght yang panjang.
  2. Hasil yang didapatkan sangatlah tajam.
  3. Membuat background dari subjek terlihat lebih dekat yang membuat kesan 2D.
  4. Sangatlah cocok untuk mengambil portarit.
Dengan lensa ini pastinya kita memiliki kesulitan tersendiri seperti bobot lensa yang sangat berat, ukuran lensa nya yang besar, hingga harganya yang mencapai 15-20 juta untuk lensa tele seperti 70-200mm.

BACA JUGA
Tipe tipe shot dalam videografi

Lensa Makro

Pada umumnya lensa makro merupakan lensa yang memungkinkan kamu untuk memperbesar dan mempertajam objek kecil seperti detail kertas, tumbuhan, serangga, atau objek kecil lainnya.

Lensa makro ini memiliki fokal lenght yang berfariasi mulai dari 50mm,100mm, 180m, 2000mm dan masih banyak lagi.

kekurangan dari lensa ini adalah jika anda ingin mendapatkan detail yang tajam, tentunya anda harus memperbesar bukaan aperture nya. sehingga hasil fotonya gelap, namun bisa diakali dengan lighting atau semacamnya.

Lensa ini memiliki bentuk yang mirip dengan lensa tele namun memiliki peforma dan fungsi yang berbeda tentunya.

 Penutup

itulah beberapa lensa yang dapat kamu gunakan untuk melakukan fotografi maupun videografi, kalau admin sendiri lebih sering menggunakan lensa utama 50mm dan lensa cadangan 70-200 karena memang selera dan kebutuhan seseorang itu berbeda-beda.

Kalau kalian lebih sering menggunakan lensa apa saja, jika kalian suka artikel ini kalian dapat komentar dibawah atau share postingan ini. terimakasih.

Share this

Berkomentarlah dengan wajar dan jangan membuat spam disini, jika anda menyukai postingan disini, anda dapat share atau comment di tempat yang sudah sediakan.

Related Posts

Previous
Next Post »